Rabu, 08 April 2020

5 Rahasia Agar Tempe Tetap Awet

Tempe merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Makanan satu ini sangat mudah di temui di mana saja. Selain bergizi tinggi, tempe juga bisa diolah menjadi aneka olahan makanan ataupun cemilan. Sudah mudah, murah, hemat, lezat pula. Siapa coba yang tidak suka.

Untuk masa-masa lockdown seperti sekarang ini mungkin tempe bisa menjadi salah satu menu yang bisa dijadikan stock untuk menu masakan atau cemilan para kesayangan Mom's di rumah. Tetapi terkadang yang menjadi kendala adalah tempe termasuk makanan yang sangat mudah busuk karena berasal dari hasil permentasi, sehingga hal ini menyulitkan para Mom's untuk menjadikan tempe sebagai salah satu stock bahan makanan di rumah.

Tenang, Mom's di sini Bunda ZiZe akan memberikan tips agar para mom's bisa menyimpan tempe dalam waktu yang lebih lama.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Mom's praktekkan di rumah, agar tempe bisa tahan lama di penyimpanan :
1. Pilih Jenis Tempe
Untuk pemilihan jenis tempe berikut ini, tempe yang dibungkus dengan plastik memiliki masa ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan tempe yang dibungkus dengan daun ini dikarenakan dari segi keamanan dan kebersihannya tempe bungkus plastik dinilai lebih higienis karena bungkus plastik dianggap lebih
praktis dan membuat tempe lebih awet. 

2. Simpan Dalam Wadah Tertutup
Jika tempe yang mom's beli sudah di buka dari pembungkus plastik atau daun maka lebih bagus jika tempe segera dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang rapat dan tahan air, agar tempe tidak mengeriput karena jika tempe sempat mengeriput maka akan mengurangi rasa dari tempe itu sendiri.

3. Simpan Dalam Keadaan Utuh
Tempe lebih baik disimpan dalam keadaan utuh dan belum terpotong-potong. Karena jika tempe sudah dipotong maka tempe itu akan menyatu kembali karena fermentasi dari jamur yang ada di tempe sehingga permukaan dari tempe yang telah dipotong tersebut menjadi kering dan rasa menjadi kurang enak.

4. Simpan Dalam Freezer
Agar tempe bisa lebih tahan lama mom's juga bisa menyimpannya dalam freezer. Simpan tempe dalam freezer dengan temepratur biasa yang tidak terlalu dingin. Tempe yang disimpan dalam freezer harus masih dalam kondisi terbungkus plastik. Agar air dari freezer tidak masuk ke dalam tempe dan agar tempe tidak tercemar dengan aroma makanan lain yang ada dalam freezer. Ketika tempe yang disimpan dalam freezer akan dimasak keluarkan terlebih dahulu dari freezer kemudian diamkan dalam suhu ruang hingga tempe tidak lagi dingin.

5. Menyimpan Tempe Mengunakan Garam
Untuk menyimpan tempe pada suhu ruang atau tanpa disimpan di kulkas, Mom’s bisa menggunakan garam halus. Masukkan tempe ke dalam wadah tertutup dan taburkan garam pada sekeliling tempe kemudian tutup rapat wadah dan pastikan tidak ada air yang masuk ke dalamnya. Garam yang di taburkan di sekeliling tempe berfungsi untuk menghambat kerja ragi pada tempe.

Oke, Mom’s itu beberapa rahasia agar tempe bisa jadi tahan lebih lama dalam penyimpanan. Sehingga bahan pangan yang satu ini bisa masuk daftar stock makanan atau cemilan selama menjalani masa lockdown seperti saat sekarang ini. Berminat untuk mencoba, Mom’s?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gara_Gara_Mainin_Burung part 2

**** Setelah sang istri menuju dapur, sang suami pun masih larut dalam kesedihannya karena burung miliknya tidak juga menunjukkan tanda –...